Pengaturan berat badan pada atlet pdf

Besi Telah jelas pada mereka yang tidak cukup mengkonsumsi besi dalam asupan makanannya akan mengalami kekurangan hemoglobin dan hal ini dapat menimbulkan keluhan kurang nafsu makan, kemampuan fisik menurun bahkan untuk latihan ringan lama sekalipun.

Pemahaman tentang persyaratan fisik ideal bagi seorang pesenam, memungkinkan program pemberian nutrisi yang tepat dapat dilaksanakan dan secara signifikan dapat meningkatkan raihan prestasi.

Selain diperlukan untuk membesarkan otot,protein diperlukan pula untuk pengaturan keseimbangan asam basa tubuh. Journal of Sports Science and Medicine; N, Andrew R. Asam amino di otot akan diubah menjadi alanin kemudian diangkut dari otot yang aktif ke hati untuk dideaminasi.

Peraturan pertandingan yang dipakai juga peraturan pertandingan gulat internasional dari FILA yang sudah disahkan oleh PB. Selain diperlukan untuk membesarkan otot, 4 5 protein diperlukan pula untuk pengaturan keseimbangan asam basa tubuh.

Dengan demikian Anda dapat mengetahui bagaimana cara menghitung berat badan ideal. Pada keadaan-keadaan seperti ini sangat diperlukan penggantian cairan tubuh. Tetapi perlu bahwa diingat perhitungan kalkulator BMI atau rumus cara menghitung berat badan ideal terkadang menyesatkan khususnya dalam kasus atlet atau olahragawan.

Rencana Program Kegiatan Pembelajaran Semester

Olahraga tidak hanya akan memberikan efek positif berupa berat badan yang ideal untuk Anda, melainkan dapat pula membuat Anda menjadi lebih sehat dan bugar sepanjang hari sehingga semakin bersemangat untuk melakukan banyak hal yang Anda inginkan. Bila hal ini terjadi, pemberian suplemen dapat mengatasi berbagai keluhan tersebut.

Shirrefs, S. Selain itu nutrisi ini dibutuhkan pula pada kerja biologik tubuh, untuk penyediaan energi tubuh pada saat seorang atlet melakukan berbagai aktivitas fisik, misalnya pada saat latihan trainingbertanding dan saat pemulihan, baik setelah latihanmaupun setelah bertanding.

Keadaan ini akan menyebabkan gangguan pada kinerja atau penampilan atlet. Hal ini dapat terjadi pada atlet yang berolahraga dalam waktu lama pada suhu panas. Namun protein juga mengandung zat lain yaitu nitrogen, sulfur, fosfor dan besi. Namun konsumsi protein dalam jumlah besar tidak berarti akan langsung membesarkan otot, bahkan hal ini berbahaya sebab kelebihan nutrien ini akan diubah menjadi lemak tubuh.

Natrium dan klor merupakan mineral utama di dalam plasma darah sedangkan kalium adalah mineral utama di dalam sel. Hal ini bertujuan untuk mencegah lapar dan gangguan gastrointestinal sehingga akan mencegah terjadinya kelelahan saat bertanding.

Makanan sebaiknya bervariasi, jumlah lemak dan karbohidrat dalam makanan disesuaikan dengan kebutuhan atlet. Persyaratan bentuk tubuh ideal dalam cabang olahraga senam hanya mungkin dicapai melalui pemberian gizi yang baik diimbangi dengan intensitas latihan yang memadai.

Kalikan jumlah jam yang digunakan untuk latihan per minggu dengan besar energi yang dikeluarkan untuk aktifitas olahraga. Volume cairan minum sedikit-sedikit lebih baik untuk menghindari perasaan penuh di lambung 3. Pengukuran lemak tubuh dilakukan dengan menggunakan alat skinfold caliper pada daerah trisep dan subskapula.

Akibat Kelainan Perilaku Makan a. Perbedaan listrik antara bagian dalam dengan luar sel diperlukan antara lain untuk transmisi impuls saraf dan sebagai pemicu kontraksi otot. Gulat Senior: Agar kinerja atlet tetap optimal pada saat bertandin, dapat dilakukan berbagai cara antara lain pemijatan, tidur dan dari aspek nutrisi perlu dilakukan: Pada keadaan ini produksi hormon insulin menurun, sedangkan glukagon meningkat sehingga akan menurunkan metabolisme glukosa dan meningkatkan pemecahan lemak.

Kerusakan akibat olahraga berat tergantung pada intensitas dan tingkat latihan yang dilakukan. Makanan sebaiknya bervariasi, jumlah lemak dan karbohidrat dalam makanan disesuaikan dengan kebutuhan atlet.

Depresi e. Keadaan ini dapat dicapai dengan carbohydrate loading untuk atlet jarak jauh. Lemak merupakan sumber energi yang ideal untuk sel tubuh sebab setiap molekul mengandung energi yang besar, mudah diangkut dan diubah bila diperlukan.

Konseling Gizi Pada Atlet

Pemberian cairan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berolahraga perlu memperhatikan hal berikut: Dalam konteks olahraga prestasi, gizi memiliki peran yang sangat penting sama halnya dengan proses latihan yang harus dijalani.

Manfaat Penulisan 1. Mengganti cadangan glikogen yang habis digunakan selama olahraga 3.Tujuan pengaturan makanan pada atlet adalah: Memperbaiki dan mempertahankan status gizi agar tidak terjadi kurang gizi atau gizi lebih (kegemukan), membentuk otot dan mencapai tinggi badan optimal, memelihara kondisi tubuh dan menjaga kesegaran jasmani, membiasakan atlet mengatur diri sendiri untuk makan makanan yang seimbang.

2. Untuk mendapat nilai pengukuran, hanya diperlukan data berat badan dan tinggi badan seseorang. 3. Mudah dikerjakan dan hasil bacaan adalah sesuai nilai standar yang telah dinyatakan pada table IMT.

Obesitas. Definisi. Obesitas merupakan kelainan dari sistem pengaturan berat badan yang ditandai oleh akumulasi lemak tubuh yang. 3/24/ · Makalah ini kami susun untuk memenuhi tugas mata kuliah Biomekanik dan kinesiologi olahraga Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi IKIP BUDI UTOMO MALANG.

Pembuatan makalah ini diperlukan supaya penulis dan pembaca dapat memahami dan mengkaji tentang Biomekanik dan kinesiologi serta analisis olahraga tolak peluru.

Namun sesungguhnya kebutuhan protein atlet itu sebesar 1gr/kgBB/hari. Misalnya untuk atlet yang mempunyai berat badan 60 kg, sebaiknya mengkonsumsi 60 gram protein per hari. Tetapi, untuk atlet yang berlatih intensif, lama atau sedang dalam program membesarkan otot membutuhkan protein lebih tinggi yaitu gram/kg BB/hari (Depkes ).Author: Erlin Sutedja.

GIZI PADA lawsonforstatesenate.com Buku Gizi Olahraga Ok. Asupan Bahan Makanan Dan Gizi Bagi Atlet Renang. GIZI lawsonforstatesenate.com Gizi Di Puskesmas. Pengaturan Makan Pada Atlet. Pedoman Gizi Olah Raga Prestasi pdf. JURNAL GIZI OLAHRAGA. Besamya energi untuk pertumbuhan dapat dilihat pada Tabel4.

2 Kkalori/ kg berat badan 1 Kkalori/ kg berat badan 0. tubuh dan terapan gizi pada atlet serta gangguan G. Kelebihan berat badan/Obesitas H.

Osteoporosis Olahraga I. Diabetes Melitus Bab 9 GANGGUAN MAKAN PADA ATLET A. Gangguan makan Pengaturan gizi untuk atlet tidaklah jauh berbeda dengan pengaturan gizi.

Pengaturan berat badan pada atlet pdf
Rated 0/5 based on 25 review